Rabu, 21 November 2012

MATA

Kesehatan mata memang sangat penting kita rasakan karena mata merupakan jendela dunia, kemampuan mata makin lama makin menurun seiring dengan bertambahnya usia manusia, ada beberapa faktor yang mempengarui kesehatan mata secara signifikan contoh asupan makanan dan banyak memforsir kerja mata, 
Para ahli gisi di jerman mengungkapkan bahwa zat lutien sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, selai itu vitamin A, C dan E membantu mata untuk memenui kerja mata sampai tua.



Selain itu untuk menjaga kessehatan mata cobalah untuk tidak berlebihan di depan komputer ,ataupun membagi waktu untuk sedikit mengistirahatkan mata kita sejenak di tengah aktifitas kita. 
Faktor lain yang mempengaruhi mata  adalah merokok. asasp rokok tidak hanya mengangu peranafasa kita, tetapi juga mempengaruhi kerja pembuluh darah dan mengganggu aliran darah, yang menyalurkan oksigen dan nutrisi ke organ-organ penglihatan kita sehingga terganggulah dan fungsi fungsi pembuluh yang hilang.stres juga berbahaya bagi kesehatan mata, karena stres penyakit mata khususnya retina bisa terganggu, dan karena itu menyebabkan hilangnya ketajaman visual dan fungsi mata

Oleh karna itu melindungimata adalah langkah yang tepat bagi kita selagi masih bisa. makan sehat dan menghindari merokok dan stres. para ahli gisi juga mengemukakan beberapa makanan yang baik untuk mata kita.antara lain: Bayam, selada air/kubis, wortel, brokoli, wijen, keju, kacang, kale makanan ini mengandung lutein yang berpengaruh pada degenerasi mata (AMD).
wortel dan paprika

Selain lutein masih banyak vitamin dan mineral yang penting bagi mata kita. Terutama vitamin A, C dan E yang dibutuhkan agar mata dapat menjalankan fungsi mereka dengan baik sampai masa usia tua nanti. semisal kekurangan vitamin A atau prekursor beta-karoten, dapat menyebabkan rabun senja atau pun kebutaan pada malam hari. Makanan  yang mengandung beta-karoten adalah, antara lain wortel, paprika.


Terlebih lagi pola hidup atau gaya hidup sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita tidak hanya kesehatan mata saja, jadi mengatur pola hidup sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar